Berikut Perbedaan Mesin All-New Soul GT dengan Mio M3

Jakarta, KompasOtomotif – Yamaha Indonesia mengenalkan All-New Soul GT, Selasa (3/3/2015) di Ancol, Jakarta Utara, dengan mesin 125cc. Jantung baru berteknologi Blue Core yang efisien ini sama persis dengan yang dipakai Mio M3. Kendati sama, ditegaskan bahwa keduanya tetap punya perbedaan.

M Abidin, GM Motorsport and Aftersales Yamaha Indonesia dalam peluncuran mengatakan bahwa bobot All-New Soul GT lebih berat 4 kg ketimbang Mio M3, yakni 96 kg. Hal itu disebabkan karena bobot coverbodi dan beberapa komponen yang cukup kompleks.

Alhasil, mesin harus disesuaikan untuk menyesuaikan bobot. ”Kami mengantisipasinya dengan mengurangi bobot roller pada CVT, dari 12 gram di Mio M3 menjadi 10 gram di All-New Soul GT. Saat diperingan, torsi semakin dapat sehingga akselerasi tetap baik,” jelas Abidin.

Dirinya lantas memberi penggambaran, bahwa komponen roller ini adanya di bagian crankshaft sebelah kiri untuk menunjang kopling CVT.Roller ini adalah pemberat yang berputar membentuk gaya sentrifugal. Semakin berat bobotnya, semakin mudah terlempar dan akselerasi semakin kuat.

Meski akselerasi dan kemampuan hampir sama, All-New Soul GT lebih boros 1-2 kpl ketimbang Mio M3. Namun Abidin mengatakan konsumsi bahan bakar masih tergolong sangat irit untuk ukuran mesin 125cc.

Yamaha mengenalkan generasi ”Soul” pertama kali pada 2007 dengan Mio Soul karburator 115cc. Lalu diperbarui pada 2012 dengan Soul GT bermesin YMJET-FI. Kini, generasi ketiga hadir dengan nama All-New Soul GT yang mengusung mesin Blue Core dan naik kelas ke 125cc.

Related Posts:

0 Response to "Berikut Perbedaan Mesin All-New Soul GT dengan Mio M3"

Poskan Komentar