Audi Kenalkan Panel Instrumen Virtual untuk TT Sport

Las Vegas, KompasOtomotif – PadaConsumer Electronics Show (CES) yang berakhir 10 Januari lalu, di Las Vegas, Audi AG memperkenalkan beberapa teknologi  menarik. Salah satunya adalah kluster instrumen digital virtual atau kokpit virtual. Penampilan layar panel ini sangat intuitif dan bisa diubah sesuai dengan keinginan pengemudi dengan 2 mode pilihan.
Tak kalah menarik, layar TFT yang digunakan berukuran 12,3 inci berada persis di depan pengemudi. Audi pun menyebutnya, kokpit fokus ke pengemudi. Dengan cara ini, pengemudi tidak perlu menoleh atau melirik ke samping untuk melihat informasi lain. 
Menurut Chairman Audi, Dr. Rupert Stadler, tampilan layar baru ini yang bisa diubah sesuai dengan selera pengemudi. Informasi yang ditayang juga sesuai dengan kondisi. Misalnya, saat parkir, ditayangkan informasi di sekitar mobil dan bila terjebak macet, menayangkan sistem navigasi.
Tegra3Untuk mendapatkan gambar yang mantap, Audi menggunakan prosesor grafis Tegra3 buatan NVIDIA. Hasilnya, pergantian setiap “farme” gambar berlangsung dengan cepat dan halus.  Indikator atau instrumen yang ditayangkan dirancang sesuai dengan karakter mobil, tachometer analog bundar dengan jarum bergerak berputar.   
Karena ukurannya yang besar, Audi tidak lagi menggunakan sistem Multi Media Interface (MMI) yang biasanya dipasang di bagian tengah dasbor. Menurut Audi, dengan cara ini, para perancang interior memperoleh lebih bebas menata susunan panel instrumen.  
Dengan perubahan ini, maka interior Audi TT generasi berikutnya mengalami perubahan total atau dirancang ulang. Panel instrumen didesain seperti sayap pesawat, diset rendah dan berbentuk turbin.
Grafik menghasilkan gambar 3D yang kontras dan detail. Untuk model klasik, speedometer dan tachometer digunakan sebagai latar depan. Saat mode “infotainment” tayangan instrumen virtual mengecil.
Untuk memudahkan operasional, konsep menu pada layar, dibuat seperti operasional ponsel pintar, termasuk menggeser layar dan meng-zoom peta navigasi!  

Related Posts:

0 Response to "Audi Kenalkan Panel Instrumen Virtual untuk TT Sport"

Posting Komentar