Langkah Aman Bersihkan Ruang Mesin Mobil

Jakarta, KompasOtomotif – Sama seperti yang lain, mesin bekerja lebih baik jika bersih. Meski demikian, membersihkan ruang mesin tidak sama dengan membersihkan bodi atau interior. Tidak asal semprot, ada prosedur khusus agar mobil tetap aman, terhindar dari korsleting, atau bahkan merusak komponen kelistrikan.

”Ingat, air adalah konduktor (penghantar listrik) yang kadang tidak kita sadari. Sebelum mencuci mobil bagian mesin, pastikan tidak ada aliran listrik dulu,” kata Anton, dari Glance Auto Detailing, Depok, lewat e-mailnya kepada KompasOtomotif, (12/1/2014).

Langkah antisipatif sangat perlu dilakukan, meski kata Anton, sebenarnya produsen mobil saat ini sudah memikirkan bagaimana agar mesin aman dicuci. Misalnya, sudah ada sil untuk melindungi penghantar listrik atau beberapa komponen yang dibuat kedap air.
Itulah kenapa, agar aman, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Berikut uraiannya:
1. Usahakan mesin dalam kondisi hangat. Tidak dingin, dan tidak terlalu panas. Kalau benar-benar dingin, nyalakan mesin kira-kira semenit.

2. Cabut kunci agar listrik benar-benar off. Jika perlu, cabut koneksi aki. Terminal negatif dulu setelah itu positif.

3. Tutupi semua komponen penting dan elektrikal menggunakan plastik atau bisa juga dengan aluminium foil. Misalnya lubang isap udara, soket kelistrikan, sensor, koil dan lainnya. Perhatian khusus juga perlu untuk lubang isap. Masuknya air di daerah ini efeknya water hammer!

4. Bersihkan bagian-bagian permukaan mesin dan celah-celah menggunakan engine degreaser.Banyak produk yang ditawarkan berbagai toko perlengkapan mobil. Gunakan sikat kecil dan halus, bisa juga dengan kuas.

5. Kombinasikan pembersihan dengan campuran air dan detergen. Tapi ingat, bersihkan bagian per bagian lalu bilas. Ini menghindari cairan detergen kering duluan dan malah menimbulkan kerak yang sulit dihilangkan.

6. Bilas, bisa menggunakan semprotan air bertekanan rendah. Jangan terlalu bernafsu membilas, karena ini biasanya menjadi momen lalai dengan menyemprot teralu keras ke bagian penting mobil.

7. Lap dengan kain lembut atau bahan plas chamois. Singkirkan lapisan pelindung plastik yang dipasang sebelum mencuci mesin. Biarkan beberapa saat agar benar-benar kering. Pastikan komponen kelistrikan tetap tak tersentuh air.

Selamat mencoba.

Related Posts:

0 Response to "Langkah Aman Bersihkan Ruang Mesin Mobil"

Poskan Komentar